Konsep teknologi informasi 3
KOMUNIKASI,
JARINGAN, DAN PROTEKSI
Bab VI
Menu
1. Analog
vs Digital
2. Modem
3. Jaringan
4. Proteksi
DATA ANALOG
Data analog merupakan proses pengiriman sinyal dalam
bentuk gelombang yang selalu berubah-rubah baik frekuensi atau amplitudonya.
DATA DIGITAL
Data digital merupakan proses pengiriman data dalam
bentuk dua simbol, yaitu on dan off.
PERBEDAAN DATA ANALOG DAN DIGITAL
MODEM
MODEM
Fungsi Modem ada 2 macam :
1.
Modulasi : untuk menerjemahkan sinyal
digital computer menjadi sinyal analog
agar bisa ditransmisikan melalui kabel telpon
2. Demodulasi : Untuk menerjemahkan sinyal analog
menjadi sinyal digital yang akan diterima computer.
JARINGAN
MANFAAT JARINGAN
1. Berbagi perangkat Periferal
2. Berbagi program dan data
3. Komunikasi yang lebih baik
4. Kemanan Informasi
5. Akses ke Database
JENIS JARINGAN
1. Wide Area Network (WAN)
Merupakan
jaringan komunikasi yang mencakup area geografis yang sangat luas. Misalnya
pada sebuah negara atau dunia. WAN dimanfaatkan untuk menghubungkan LAN. Dapat dimiliki
secara pribadi atau disewakan. Contoh WAN yang paling sederhana adalah
Internet.
JENIS JARINGAN
2. Metropolitan Area Network (MAN)
Jaringan komunikasi yang mencakup sebuah kota atau
daerah. Biasanya dibangun untuk mem-bypass perusahaan telepon lokal ketika
mengakses layanan jarak jauh. Banyak sistem ponsel menggunakan MAN
JENIS JARINGAN
Merupakan
jaringan lokal, menghubungkan computer dan peranti dalam cakupan geografis yang
terbatas. Biasa digunakan di perkantoran, atau kumpulan gedung yang berdekatan.
JENIS JARINGAN
4. Home Area Network (HAN)
Merupakan
jaringan yang menggunakan kabel atau nirkabel untuk menghubungkan beberapa
piranti digital di rumah. Seperti computer, printer, DVD, TV, dan sistem
keamanan rumah.
JENIS JARINGAN
5.
Personal Area Network (PAN)
Jaringan nirkabel jarak dekat untuk
menghubungkan benda-benda elektronik pribadi seperti ponsel, PDA, pemutar MP3,
dan printer. Contohnya adalah Bluetooth, ultra wideband, USB Nirkabel.
JENIS JARINGAN
6. Home Automation Network
Jaringan
yang menggunakan teknologi yang sangat murah, berjarak sangat pendek dan
berdaya rendah. Menggunakan switch dan sensor.
Struktur Jaringan
Jaringan Klien / Server
Terdiri atas Klien sebagai computer yang menerima
data, dan server yaitu computer yang mengirim data. Server digunakan untuk
keperluan sharing misalnya printer. Contoh server adalah server file, database,
print server dan server web.
Struktur Jaringan
Jaringan peer to peer
Suatu model komunikasi dua arah antar pengguna PC
melalui jaringan komputer atau Internet tanpa melalui sebuah server. Jaringan
ini lebih murah daripada jaringan klien / server.
Peranti Penghubung Jaringan
1. Hub
Titik koneksi semua peranti di jaringan. Lokasi
mengumpulnya data yang datang dari satu arah atau lebih dan diteruskan ke satu
arah yang lain.
Peranti Penghubung Jaringan
2. Switch
É
menghubungkan computer ke jaringan.
É
Bersifat full-duplex
É
Kelebihannya adalah Bandwidth tidak terbagi.
Peranti Penghubung Jaringan
3. Bridge
Antarmuka untuk menghubungkan jaringan yang jenisnya
sama. Contoh untuk menghubungkan LAN to LAN.
Peranti Penghubung Jaringan
4. Gateway
Antarmuka yang memungkinkan komunikasi antar jaringan
yang tidak sama. Seperti LAN to WAN.
Peranti Penghubung Jaringan
5. Router
Peranti khusus yang bertugas menangani lalu lintas
data pada jaringan.
Peranti Penghubung Jaringan
6. Backbone
Merupakan jalur yang menghubungkan seluruh jaringan
computer dalam sebuah organisasi.
Peranti Penghubung Jaringan : backbone
Topologi Jaringan
1. Jaringan Bus (Daisy
Chain)
É Semua
peranti terhubung ke kabel yang sama.
É Kelebihannya
: dapat dibuat menjadi jaringan klien/server atau peer to peer.
É Kekurangannya
: dibutuhkannya tambahan alat atau perangkat lunak untuk menghindari tabrakan
antar data.
É Dan jika terdapat
kerusakan salah satu koneksi maka seluruh jaringan berhenti beroperasi.
Topologi Jaringan
2. Jaringan Ring
Semua
peranti terhubung dalam satu loop yang tidak ada titik ujung pangkalnya.
Tidak ada server pusat
kelebihannya : pesan
hanya mengalir dalam satu arah sehingga tidak terjadi tubrukan data.
Kekurangannya : jika
terjadi kerusakan pada salah satu koneksi, seluruh jaringan akan berhenti
bekerja.
Topologi Jaringan
3. Jaringan Star
É semua
peranti terhubung secara langsung ke server pusat.
É Server
pusat sebagai peranti yang memonitor arus lalu lintas data.
É Kelebihannya
: Jika pada jaringan salah satu peranti (bukan server) itu
rusak, maka jaringan masih bisa berjalan.
É Kekurangannya
: jika
server rusak, maka semua sistem akan berhenti bekerja.
Cara mencegah tabrakan data
ETHERNET
Ketika dua
peranti mengirim data pada saat yang sama
sehingga memungkinkan terjadinya tabrakan datam ethernet menginstruksikan kedua
peranti untuk mengirim ulang sebuah paket data. Biasa digunakan pada topologi
star.
Cara mencegah tabrakan data
TOKEN RING
menggunakan sinyal (token) yang berkeliling
Biasa digunakan pada topologi star atau ring.
Kelebihannya : koneksi
kabel yang rusak bisa lebih mudah dideteksi.
Cara mencegah tabrakan data : TOKEN RING
Media Komunikasi Kabel
1. Twisted Pair Wire (Kabel Ulir)
Terdiri atas dua utas kawat tembaga yang dipilin
mengelilingi satu sama lain. Konfigurasi ini mampu mengurangi interferensi
sinyal listrik (crosstalk). Kabel ini relative lambat hanya bisa membawa data dengan
kecepatan 1-128 megabit per detik.
Media Komunikasi Kabel
2. Kabel Koaksial
Kabel transmisi berfrekuensi tinggi yang terdiri atas
kabel tembaga yang terbungkus dalam pelindung logam dan kemudian dibungkus lagi
dengan penutup plastic eksternal. Karena ada pelindung, kabel ini lebih tahan
terhadap noise, Transmisi data bisa mencapai 200 megabit per detik.
Media Komunikasi Kabel
3. Kabel serat optic.
Terdiri atas lusinan atau ratusan serat kaca atau
plastic yang tipis yang mampu mentransmisikan getaran cahaya, bukan sinyal
listrik. Transmisi bisa mencapai 2 gigabit per detik. Tidak terganggu oleh
noise, lebih ringan dan tahan lama serta sulit disadap. Kekurangannya adalah
harganya yang mahal.
Empat Jenis Media Komunikasi Nirkabel
1. Transmisi inframerah
Mengirim sinar inframerah pada frekuensi sangat
rendah. Kekurangannya komunikasi yang terjadi harus bersifat lurus tidak boleh
ada penghalan antara pengirim dan penerima. Dan transmisi hanya bisa dilakukan
untuk jarak dekat.
Empat Jenis Media Komunikasi Nirkabel
2. Siaran Radio
Transmisi nirkabel yang mengirim data jarak jauh
hingga 2 megabit per detik. Diperlukan transmitter dan receiver.
Empat Jenis Media Komunikasi Nirkabel
3. Radio Microwave
Transmisi data nirkabel yang mengirim data dengan
kecepatan sampai 45 megabit per detik melalui atmosfer pada gelombang radio
frekuensi sangat tinggi yang bergetar sebanyak 1 gigahertz. Contohnya adalah
komunikasi bumi-satelit dan Bluetooth.
Empat Jenis Media Komunikasi Nirkabel
Transmisi
data nirkabel yang menggunakan satelit. Harganya sangat mahal hingga 300-700
juta dolar per buah. Penggunaan satelit
ini merupakan contoh penggunaan teknologi GPS.
Contoh Komunikasi Nirkabel
Layanan Seluler 1G
Masih menggunakan ponsel analog yang ditransmisikan dalam
bandwidth 824-849 megahertz. Panggilan diarahkan antarsel oleh kantor switch
pnsel. (MTSO-Mobile Phone Switching Office).
Ò
Contoh Komunikasi Nirkabel
Ò Layanan
nirkabel 2G
Ò Sudah
didukung oleh ponsel digital. Menggunakan jaringan dari menara menara antenna
untuk mengirim komunikasi data melalui udara dalam bentuk digital. Kecepatan
sudah 9,6-14,4 kilobit per detik. Standar umum yang digunakan dalah pada ponsel
CDMA dan GSM.
Ò
Contoh Komunikasi Nirkabel
Ò Layanan
Nirkabel 2.5 G
Ò Menawarkan
kecepatan data sebesar 30 hingga 110 kilobit per detik. Contoh upgrade untuk
ponsel GSM adalah penerapan GPRS dan EDGE.
Ò
Contoh Komunikasi Nirkabel
Ò Layanan
Digital Nirkabel 3G
Ò Menggunakan
teknologi broadband berbasis GSM. Mampu membawa data dengan kecepatan tinggi
(144kbps – 2Mbps). Aplikasinya adalah diterapkannya teknologi EV-DO dan UMTS.
Ò
Contoh Komunikasi Nirkabel
Ò WIMAX
Ò Teknologi
nirkabel jarak jauh yang dapat mengirim data dalam jangkauan 6 hingga 10 mil,
dengan kecepatan hingga 20 megabit per detik. Bisa mengcover daerah yang sangat
luas
Ò
ANCAMAN DUNIA MAYA
Ò DENIAL OF
SERVICE (DOS)
Ò Serangan
berupa permintaan yg berulang-ulang terhadap komputer atau jaringan sehingga
overload dan mengalami crash
Ò
ANCAMAN DUNIA MAYA
Ò WORM
Ò Program yg
bisa menyalin dirinya sendiri secara terus-menerus ke komputer sehingga dapat
merusak komputer
Ò
ANCAMAN DUNIA MAYA
Ò VIRUS
Ò Program
yang bisa merusak atau menghapus data.
Ò
ANCAMAN DUNIA MAYA
Ò TROJAN
HORSE
Ò Program
yang berpura-pura sebagai program yg bermanfaat, misalnya game / screensaver,
tetapi membawa virus yg bisa berjalan tanpa sepengetahuan user dan bisa
mengontrol komputer kita.
Ò
HACKER VS CRACKER
Ò HACKER
Ò Orang-orang
yg menyukai dunia komputer, senang bahasa pemrograman dan bisa mengakses
jaringan secara illegaltanpa menimbulkan dampak negatif.
Ò Jenisnya :
É Thrill
Seeker Hacker : Mengakses komputer sebagai tantangan.
É White Hat
Hacker : Mengakses dan memperbaiki sistem yang berlubang.
Ò
HACKER VS CRACKER
Ò CRACKER
Ò [Hacker
Perusak]
Ò Jenisnya:
É Script
Kiddies : Cracker gol.bawah
É Hacktivist
: Motif sosial / politik
É Black-Hat
Hacker : Menembus jaringan untuk mencuri informasi
É Cyberterrorist
: Motif politik dan terencana dari agen rahasia untuk mendapat informasi suatu
sistem besar,
Ò
PERLINDUNGAN PROTEKSI
Ò
Antivirus
Ò
Firewall
Ò
Password
Ò
Autentikasi biometrik
Ò
Enkripsi
Ò Tugas
Apa itu Home Automation System dan Berikan Contohnya
Jelaskan tentang Smart Home ????
Apa itu Wireless Sensor Network, jelaskan cara kerjanya dan berikan
contohnya
Jelaskan tentang teknologi biometrik, berikan contoh dan prinsip kerjanya
0 komentar :
Posting Komentar